Rabu, 02 Februari 2011

PERKEMBANGAN MULTIMEDIA

download file :

Multimedia adalah penggunaan komputer untuk menyajikan dan menggabungkan teks, suara, gambar, animasi dan video dengan alat bantu (tool) dan koneksi (link) sehingga pengguna dapat ber-(navigasi), berinteraksi, berkarya dan berkomunikasi atau menyampaikan suatu informasi.

Beberapa definisi menurut beberapa ahli:

a. Kombinasi dari komputer dan video (Rosch, 1996)

b. Kombinasi dari tiga elemen: suara, gambar, dan teks (McComick, 1996)

c. Kombinasi dari paling sedikit dua media input atau output. Media ini dapat berupa audio (suara, musik), animasi, video, teks, grafik dan gambar (Turban dan kawan-kawan, 2002)

d. Alat yang dapat menciptakan presentasi yang dinamis dan interaktif yang mengkombinasikan teks, grafik, animasi, audio dan video (Robin dan Linda, 2001)

e. Multimedia dalam konteks komputer menurut Hofstetter 2001 adalah pemanfaatan komputer untuk membuat dan menggabungkan teks, grafik, audio, video, dengan menggunakan tool yang memungkinkan pemakai berinteraksi, berkreasi, dan berkomunikasi.

2. Perkembangan Multimedia

Multimedia dimanfaatkan juga dalam dunia pendidikan dan bisnis. Di dunia pendidikan, multimedia digunakan sebagai media pengajaran, baik dalam kelas maupun secara sendiri-sendiri. Di dunia bisnis, multimedia digunakan sebagai media profil perusahaan, profil produk, bahkan sebagai media kios informasi dan pelatihan dalam sistem e-learning.

Pada awalnya multimedia hanya mencakup media yang menjadi konsumsi indra penglihatan (gambar diam, teks, gambar gerak video, dan gambar gerak rekaan/animasi), dan konsumsi indra pendengaran (suara).

a. teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi

Perkembangannya multimedia mencakup juga kinetik (gerak) dan bau yang merupakan konsupsi indra penciuman. Multimedia mulai memasukkan unsur kinetik sejak diaplikasikan pada pertunjukan film 3 dimensi yang digabungkan dengan gerakan pada kursi tempat duduk penonton. Kinetik dan film 3 dimensi membangkitkan sens rialistis.

Bau mulai menjadi bagian dari multimedia sejak ditemukan teknologi reproduksi bau melalui telekomunikasi. Dengan perangkat input penditeksi bau, seorang operator dapat mengirimkan hasil digitizing bau tersebut melalui internet. Pada komputer penerima harus tersedia perangkat output berupa mesin reproduksi bau. Mesin reproduksi bau ini mencampurkan berbagai jenis bahan bau yang setelah dicampur menghasilkan output berupa bau yang mirip dengan data yang dikirim dari internet. Dengan menganalogikan dengan printer, alat ini menjadikan feromon-feromor bau sebagai pengganti tinta. Output bukan berupa cetakan melainkan aroma.

b. Mesin-mesin Cerdas Seukuran Atom, Nanoteknologi

Nanoteknologi adalah segala teknologi masa depan yang memungkinan manusia memanipulasi partikel-partikel super kecil yang besarnya nyaris seukuran atom! Nanometer sendiri adalah ukuran 1/semilyar meter, atau nyaris ketebalan rambut dibelah 50.000. Itulah kedahsyatan teknologi nano.



Tujuannya adalah menciptakan material-material baru masa depan, bahkan mesin-mesin dan robot-robot seukuran partikel. Material-material itu akan bisa lebih kuat dari intan, super ringan, tahan panas dan dingin dengan skala yang ekstrim, mampu menghantarkan listrik lebih baik, lebih tahan lama, ramah lingkungan dan seterusnya.

Kemungkinan aplikasinya benar-benar dahsyat dan akan merubah seluruh dunia. Bayangkan bila kita bisa menciptakan berbagai material baru yang lebih keras dari intan, dan jauh lebih ringan dari baja. (Carbon nanotubes, sp2 bond). Kita bisa menciptakan kerangka super kuat untuk mobil, pesawat terbang, atau bangunan dan jembatan. Dengan bobotnya yang lebih ringan, semua mobil dan pesawat juga akan lebih hemat energi.

Kita bisa menciptakan baju anti kusut dan tahan noda. Kita juga bisa menciptakan robot berukuran bakteria, nanobots, dan memasukanya ke dalam tubuh manusia. Fungsinya bisa dari menyembuhkan penyakit, menghancurkan sel-sel kanker, bahkan memperkuat tubuh manusia (Feynman, ”Swallowing the Doctor”). Nanobots ataupun nanoparticles bahkan nantinya diperkirakan juga akan bisa kembali menutup lubang ozon.

Dengan komponen seukuran nano, kita bisa membuat supercomputer sebesar kotak korek api, dan media penyimpanan data yang menyimpan jutaan gigabyte informasi tentang umat manusia dan seluruh alam semesta, sebesar seujung kuku.

Bagaimana teknologi ini bisa dilakukan? Karena mikroskop super-canggih yang dapat melihat atom sudah ada sejak 1981, Scanning Tunneling Microscope (STM), dan Atomic Force Microscope (AFM, 1986).

a. Peningkatan interaksi antara user dan sistem (TV Interaktif)

TV masa depan selain bersuara, berwarna, juga bisa beraroma. Otak manusia membagi aroma menjadi 30 lebih jenis, misalnya aroma kayu, aroma bunga, aroma rumput dan lain sebagainya. Itulah perkembangan produk teknologi di masa depan.

Contoh Aplikasi TV Interaktif :



Jauh pada akhir 1990 sudah ada perusahaan yang pada tahap awal berhasil meneliti teknik bebauan sintetis, mampu membuat hampir semua aroma yang ditemui setiap hari. Tetapi pada TV seiring dengan perubahan gambar, bagaimana mencegah aroma yang berbeda tidak tercampur dan berubah ke jenis aroma lainnya, serta bagaimana menangkal bau yang tak mau lenyap yang belum sinkron dengan gambar ditampilkan.

Metode perusahaan Xin Li, Jepang ialah menghindari hidung, namun langsung menyerang bagian otak. Di dalam hak ciptanya, Xin Li menggunakan ultrasonik langsung merangsang bagian tertentu pada otak manusia, membuat penonton atau pemain toy mengira mengendus aroma tertentu. Namun teknik tersebut masih sangat primitif, jalan ke masa depan masih agak panjang.

a. Alat penterjemah langsung

Perusahaan SRI, AS, pernah mengembangkan sebuah software pengenal suara IraqComm dan penerjemahan kepada tentara pendudukan AS di Iraq, di saat bicara bahasa Arab dan diarahkan ke mikrofon, komputer dengan segera menerjemahkannya ke bahasa Inggris dan melafalkan bahasa terjemahannya.

Ilmuwan di Universitas Carnegie Mellon Pittsburg, AS, sedang membuat sistem serupa dinamakan Speechalator, bisa digunakan pada palm sized note book dan PDA. Meskipun dewasa ini daya perbendaharaan-katanya terbatas, namun bantuan komunikasi IraqComm bagi tentara AS dan orang Iraq sangat besar.

b. Desain gadget masa depan ala mahasiswa

Salah satu karya yang diikutsertakan dalam INAICTA 2010 adalah desain gadget “box” yang tampak sangat futuristis dan menawan. Adalah Sandy Winata seorang mahasiswa multimedia semester 7 yang memiliki visi dan ide menarik tentang gadget masa depan rekaannya. “Desain produk ini memiliki ukuran pocket, lebih besar daripada handphone, dan lebih kecil daripada notebook, sehingga produk tersebut dapat menjadi sebuah gadget yang powerful dan efisien.” kata Sandy. Untuk mendesain prototype produk ini Sandy bahkan telah menuliskan detil, komponen, dan teknologi yang akan dibenamkan dalam gadget ini secara rinci. Misalkan fitur-fitur seperti Smartphone, Desktop Computer, Advance 3D GPS, Multi-Platform Gaming (NDS, PSP, GBA, dan JAVA), HD Camera and Video, dan Internet yang dapat menggabungkan semua sinyal yang ada (HSUPA, HSDPA, UMTS, GPRS, EDGE, dan WLAN) untuk mendapatkan bilangan bandwitdth yang lebih besar.



Selain membuat desain produk “box” ini, Sandy juga menciptakan sendiri logo produk dan logo perusahaan rekaannya. “Melihat berbagai penggabungan teknologi yang ada, maka produk ini ditargetkan untuk semua kalangan yang ada di dunia, terutama mereka yang sangat lekat dengan digital media. Oleh karena itu semua komponen yang ada di dalam produk ini (Nama, Tagline, dan logo) haruslah muda diingat orang dan unik” kata Sandy.

a. Software untuk mengirim pesan

Dekat ke sini dan sekarang adalah MPEG muncul 4 kompresi video standar, subyek presentasi oleh Dirk Lappe, manajer proyek dari sejumlah Uni Eropa yang disponsori proyek multimedia mobile dan pemimpin kelompok sistem multimedia mobile di Jerman Robert Bosch GmbH .

MPEG 4 segmen sinyal video menjadi beberapa bagian, kode secara terpisah sebagai objek dan mengirimkan objek ke penerima. MPEG 4 kemudian tetes elemen asing dari sinyal, mempertahankan yang sesuai dengan aplikasi tertentu dan kecepatan link.

Sebagai contoh, pengguna terminal mobile multimedia mungkin tidak memiliki tingkat bit link untuk mendukung latar belakang sinyal video, sehingga latar belakang bisa dihasilkan secara lokal oleh terminal, kata Lappe. Dengan demikian, MPEG 4 harus memainkan peran penting dalam mengatasi keterbatasan sisa kecepatan terminal mobile dan seluler yang digunakan untuk aplikasi multimedia.

MPEG 4, yang mundur-kompatibel dengan MPEG 2, dijadwalkan akan dibakukan oleh 1998.

"Ini akan sangat penting untuk memasukkan MPEG 4 protokol dalam stack protokol UMTS," kata Lappe.

KARANG LINK DENGAN ORACLE Sistem Karang telah mengembangkan sebuah versi yang kompatibel dengan perangkat lunak Oracle FraudBuster untuk operator PCS yang menggunakan Oracle Universal Server. Perusahaan juga telah bergabung dengan jaringan Oracle Aliansi bisnis global.

Sentigram Selimut UTARA WirelessNorth telah memilih sentigram Komunikasi untuk menyediakan pesan suara untuk PCS Jaringan di Iowa, Minnesota, Dakota Utara dan Selatan, dan Wisconsin. pembawa akan menyebarkan sentigram Seri 6 server komunikasi.

Kelompok untuk merancang dan pasar disesuaikan messaging software untuk jaringan Houston Cellular. Perangkat lunak SmartText pesan memungkinkan pengguna untuk mengirim pesan teks dari PC ke telepon selular digital.

b. DVD bisa diputar 600 tahun

Pada tahun 2029, 11 petabyte storage yang dapat menyimpan video berkualitas DVD untuk diputar selama 600 tahun lebih tanpa henti 24 jam sehari, akan tersedia seharga $100.

c. Peningkatan jaringan internet

Dalam 10 tahun ke depan, kita akan menyaksikan peningkatan kecepatan jaringan internet rumahan sebesar 20 kali lipat.

d. Jaringan lalu lintas

Pada tahun 2013, lalu-lintas jaringan nirkabel akan mencapai 400 petabyte perbulan. Sekarang ini, jaringan di seluruh dunia mentrasnfer data lebih dari 9 exabyte per bulan.

e. Komputer kuantum komersial

Komputer kuantum komersial yang pertama akan tersedia pada pertengahan tahun 2020. Pada tahun 2020, PC seharga $1.000 akan memiliki kemampuan memproses setara dengan otak manusia.Pada tahun 2030, Kemampuan memproses PC seharga $1.000 akan seimbang dengan kemampuan otak sekampung manusia. Pada tahun 2050 (dengan mengasumsikan bahwa jumlah total populasi dunia adalah 9 miliar), kemampuan memproses PC seharga $1.000 akan seimbang dengan kemampuan otak keseluruhan manusia di bumi.

f. Google

Pada tahun 2015, Google akan mengindex sekitar 775 miliar halaman konten.

g. USB Mungil Berkapasitas 100 Terabyte

Di zaman serba mobile seperti sekarang ini, konsumen menginginkan semua pekerjaan bisa dilakukan secara ringkas tanpa merepotkan harus membawa-bawa tempat penyimpanan data yang ribet misalnya. USB mungil berkapasitas 100 Terabyte menjadi salah satu produk yang diimpikan di masa mendatang.

Bayangkan bagaimana jika USB berkapasitas 100 Terabyte alias 100.000 GB (1 Terabyte: 1000 GB) ada di saku Anda! Anda bisa membawa seluruh data yang diinginkan. Produk ini potensial segera menjadi kenyataan dengan adanya penelitian tentang kemungkinan penggunaan protein sebagai metode penyimpanan data.

h. Dunia Virtual yang Nyata

Dunia virtual seperti halnya game Second Life memang menyenangkan. Namun, dunia virtual seharusnya diciptakan tidak jauh berbeda dari dunia nyata, misalnya seperti dalam film The Matrix, film tentang dunia maya.


Berbicara tentang The Matrix, ada bagian dimana manusia bisa melakukan karate tingkat tinggi dalam sekejap. Mungkinkah tercipta teknologi dimana kita bisa melakukan segala sesuatu yang tidak bisa kita lakukan dengan transfer data secara cepat? Teknologi seperti ini termasuk yang diinginkan ada di masa depan.

1 komentar:

  1. kecil banget tulisannya *-*
    jd g' bs di baca ne gan.

    BalasHapus